Jumat, 16 Juli 2010

Prospek Usaha Makanan dan Minuman Kaki Lima

Prospek Usaha Makanan dan Minuman Kaki Lima

AgroMedia Pustaka
Mon, 20 Jul 2009 20:17:56 -0700

AGROMEDIA PUSTAKA ===Usaha kuliner makanan dan minuman kaki lima tidak bisa
dipandang sebelah mata. Hasil penelitian balai penelitian dan pengembangan UKM
di Indonesia menyatakan, rata-rata pendapatan para pedagang makanan dan minuman
kaki lima berada di atas UMR (Upah Minimum Regional).

Banyak kisah sukses pemilik usaha makanan dan minuman yang memulai usahanya
dari kaki lima. Beberapa contohnya adalah Bakso Lapangan Tembak Senayan, Baso
Titoti, Es Teler 77, Roti Bakar Edi, Bakmi Tebet, Waroeng spesial Sambal, Ikan
Bakar Babe Lili, Warung Dim Sum, dan Edam Burger. Sebagian masih mengusung
konsep kaki lima dengan omzet yang luar biasa, sebagian lainnya mengubah konsep
usahanya menjadi tempat makan yang lebih berkelas.

Usaha kuliner kaki lima dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok. Pertama adalah
usaha yang menjual makanan pokok sehari-hari, seperti warung tegal dan warung
nasi padang gerobak. Kelompok selanjutnya menjual makanan pengganti makanan
pokok, misalnya bakso, mi ayam, sate Padang, dan sate Madura.

Kelompok usaha kuliner kaki lima lainnya menjual jajanan seperti gorengan, roti
bakar, cakue, serabi, dan martabak. Terakhir, usaha kuliner kaki lima yang
menjual aneka minuman, mulai dari es buah, jus buah, aneka minuman teh, es
kelapa hingga sari tebu.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha makanan dan
minuman kaki lima.

Pertama, jenis usaha yang akan digeluti.
Usaha yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan keahlian dan kepribadian agar
nyaman menjalaninya. Jangan membuka usaha hanya karena mengikuti tren tanpa
tahu bagaimana sebenarnya usaha tersebut harus dijalankan.

Jika tidak ingin disibukkan oleh aktivitas memasak yang menghabiskan banyak
waktu setiap harinya sebaiknya tidak membuka usaha seperti warung nasi padang.
Usaha seperti sate ayam, ayam bakar, serta pecel ayam dan lele cocok dijalankan
oleh mereka yang senang turun langsung menangani usahanya, tetapi tidak mau
terlalu disibukkan oleh urusan memasak yang menghabiskan banyak waktu.

Jika termasuk orang yang senang mengoordinir dan mentraining anak buah dapat
membuka usaha seperti jus buah, aneka minuman teh, kebab, martabak, atau
hamburger sekaligus di beberapa tempat. Anda tinggal mengontrol setiap cabang
setiap harinya.

Kedua, informasi terkait usaha yang akan dijalankan.
Sebelum menjalani jenis usaha, kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya.
Misalnya, mengenai jumlah modal, perlengkapan usaha, serta hambatan dan tip
trik agar usaha berjalan baik dan dapat berkembang.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari informasi. Misalnya dengan
membaca buku atau artikel di internet, media massa, mengikuti seminar
wirausaha, serta bertanya atau tukar pikiran dengan orang yang berpengalaman.

Ketiga, modal.
Jangan berkecil hati bila tidak memiliki cukup modal untuk memulai usaha. Bila
yakin dengan usaha yang akan dijalani dapat bekerja sama dengan rekan untuk
membangun usaha bersama. Meskipun usaha dijalankan bersama teman atau kerabat,
harus ada surat perjanjian mengenai pembagian kerja dan hasil usaha agar jika
ada masalah di kemudian hari dapat diselesaikan dengan adil.

Keempat, lokasi usaha
Lokasi merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan usaha makanan dan minuman
kaki lima. Berikut ini beberapa lokasi potensialnya.

1. Kampus merupakan lokasi cukup strategis untuk usaha makanan dan
minuman.
2. Daerah perkantoran merupakan pasar potensial usaha makanan dan minuman kaki
lima.
3. Sekitar pusat perbelanjaan tradisional atau modern.
4. Perumahan.
5. Berdekatan dengan aneka usaha lain.
6. sesuaikan jenis usaha dengan pangsa pasar.


http://agromedia.net

==========================

Spesifikasi Buku:

Judul: 40 Peluang Bisnis Makanan dan Minuman Kaki Lima Modal 2-8 Juta
Penulis : Redaksi AgroMedia
Ukuran : 18 x 24 cm
Tebal : x + 306 hlm.
Penerbit : AgroMedia Pustaka
ISBN : 979-006-217-6
Harga : Rp 52.500

Usaha makanan dan minuman skala kaki lima memang tidak bisa dipandang sebelah
mata. Tidak terhitung kisah sukses para pelaku bisnis kuliner yang kita dengar,
mengawali usahanya dari skala yang paling kecil ini. Bisnis yang relatif mudah
dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar ini memang selalu menarik
banyak orang untuk menggelutinya.

Melalui buku ini, Redaksi AgroMedia kembali mengungkap berbagai peluang bisnis
kuliner. Dalam buku ini disajikan 40 peluang bisnis makanan dan minuman kaki
lima dengan modal 2-8 juta rupiah. Pembahasan tentang produk, lokasi usaha,
perlengkapan usaha, karyawan, harga, hingga risiko usaha dijabarkan secara
gamblang. Dilengkapi dengan tip dan trik mengembangkan usaha, serta menghitung
analisis usaha secara sederhana.

Bagi Anda yang ingin membuka usaha kuliner ini tetapi tidak tahu resep makanan
dan minuman yang akan dijual,tidak usah khawatir. Buku ini juga dilengkapi
dengan resep makanan dan minuman yang bisa Anda praktikkan. Selamat
berwirausaha dan sukses!

1 komentar: